Senin, 19 Maret 2012

contoh bab 1 - 5 laporan PSG




BAB I
PENDAHULUAN


1.1     Latar Belakang

Berdasarkan kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun Pelajaran 2011/2012 yang mewajibkan seluruh siswa-siswi untuk mengikuti atau melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda pada Instansi Pemerintah maupun Perusahaan Swasta.

Dengan adanya Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Sekolah Menengah Kejuruan ini di harapkan dapat melahirkan siswa - siswi yang siap kerja dan kompeten dalam bersaing di dunia usaha bisnis. Siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan di bekali ilmu dunia kerja. Dan yang paling utama, Siswa-siswi di beri bekal berwirausaha dan Praktek Kerja Lapangan melalui Pendidikan Sistem Ganda yang di tempatkan pada Instansi Pemerintah di Kabupaten di Kabupaten Tanggamus.

Penulis melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten Tanggamus yang di mulai pada tanggal 20 Juni 2011 sampai tanggal 22 Agustus 2011.

1.2    Pengertian Pendidikan Sistem Ganda

Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu kegiatan pendidikan diluar lingkungan sekolah berupa praktek kerja lapangan yang dicanangkan atau di wajibkan oleh semua Sekolah Menengah Kejuruan yang wajib di ikuti oleh semua siswa-siswi, untuk beradaptasi dan bekerja dilingkungan dunia kerja. 

Pendidikan sistem ganda ini juga merupakan suatu wadah untuk menggali aspirasi siswa-siswi. Dengan mengikuti Pendidikan Sistem Ganda tersebut Siswa-siswi dapat menyalurkan bakatnya, bahkan dapat mengembangkan kepribadian yang lebih matang dalam pemikiran, sikap maupun bertindak, dan dapat menghargai waktu dalam bekerja sehingga menciptakan kedisipliman.


Pendidikan Sistem Ganda tersebut memberikan arti yang positif dalam pengembsngan kepribadian siswa-siswi dalam kehidupan sehari-hari dan menumbuhkan rasa solidaritas yang tinggi sesama teman dan rekan kerja dalam melaksanakan tugas yang tinggi pada diri siswa-siswi untuk dapat bekerja setelah setelah lulus dari bangku sekolah.

1.3    Tujuan Pendidikan Sistem Ganda

Dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ini mempunyai tujuan secara umum dan tujuan secara khusus.




1.Tujuan Umum

Secara Umum, Pendidikan Sistem Ganda bertujuan untuk :
1)            Menciptakan atau Melahirkan siswa-siswi yang terampil, cerdas, mandiri dan menjadi tenaga kerja
2)            Mendidik Siswa-siswi dilingkungan kerja untuk menggali potensi, dan mengembangkan bakat serta kemampuan yang dimiliki siswa-siswi.
3)            Untuk menumbuhkan rasa solidaritas dan kerjasama yang baik dalam menjalankan tugas.
4)            Untuk menumbuhkan semangat belajar di luar sekolah, agar siswa siswi memperoleh bekal ilmu bekerja yang dapat dijadikan bekal setelah lulus sekolah
5)            Untuk memberikan motivasi dan Inovasi yang positif dalam mengembangkan ilmu teori kedalam praktek kerja lapangan

2.Tujuan khusus

Secara khusus ,Tujuan Pendidikan Sistem Ganda ini adalah:
1)            Menciptakan kereatifitas dan kemandirian dalam diri siswa
2)            Melatih siswa untuk menjadi tenaga kerja yang profesional dan produktif bedasarkan keahliannya
3)            Mengetahui kegiatan di Dinas atau Instalasi dimana siswa melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
4)            Untuk memacu semangat belajar siswa dan untuk mendapat pelatihan bekerja di Instansi Pemerintah
5)            Untuk memenuhi syarat guna untuk mengikuti UN / US

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenis pendidikan yang menciptakan lulusan siap kerja yang dibekali dengan ilmu secara teori maupun praktek kerja lapangan agar mampu bersaing di dunia bisnis dan usaha, serta mampu mengembangkan ilmu ke dalam masyarakat


1.4  Ruang Lingkup Pendidikan Sistem Ganda (PSG)

Ruang lingkup yang dilakukan peserta PSG pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus diantaranya adalah sebagai berikut :
1.             Pelayan Kartu Keluarga (KK) Nasional
2.             Pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nasional
3.             Pelayanan Akte kelahiran


BAB II
PELAKSANAAN

2.1   Tahap Observasi
Penulis melakukan pengamatan langsung pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus, Pengamatan dilakukan untuk mengetahui letak geografis, luas wilayah serta jumlah pegawai baik Pegawai Negeri Sipil maupun Honorer yang ada pada Instansi tersebut.
a.Tahap Perkenalan

Melalui perkenalan ini penulis dapat mengetahui jumlah pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus kabupaten Tanggamus, Berikut ini adalah data pegawai yang ada pada instansi tesebut diatas :

NO
NAMA
NIP
GOL

JABATAN

1
R. Bambang Prahoro, S.E
19560129 197910 1 001
IV / b
Kepala Dinas
2
Sukisno, SKM, M.Kes
19651104 198803 1 011
IV / a
Sekretaris Dinas
3
Drs. Mawardi
19560715 198012 1 004
IV / a
Kabid. Binagram
4
Edison, S.E
19660101 199303 1 019
IV / a
Kabid Capil
5
Rosidi, S.E
19630203 198602 1 004
IV/ a
Kabid Data & Infor. Kepend
6
Drs. Syaifullah
19670317 199303 1n008
IV / a
Kabid Kependudukan
7
Nora Novrita, S. Pd
19651111 199302 2 002
III/ d
Kasubbag Umum
8
Helmi, S.E
19660308 199312 1 001
III / d
Kasi Monitoring & Evaluasi
9
Muhammad Nur HS, S.E
1969 1230 199103 1 005
III / c
Kasubbag Keuangan
10
Rizalsyah, BBA
19570101 198303 1 016
III / c
Kasi Mutasi penduduk
11
Zuraida
19580807 198503 2 005
III / c
Kasi Perencanaan program
12
Basroni, S. Sos
19660623 198903 1 005
III / c
KASI Pendaftaran penduduk
13
Radidton Hutabarat
19620209 198903 1 007
III / c
Kasi Perkawinan dan perceraian
14
DARMA SETIAWAN, S. Kom
19770512 199803 1 004

Kasi pengolahan data kependudukan
15
ROSILAWATI, S.E
19720615 200604 2 017

Kasi Kelahiran, Kematian, Pengangkatan & Pengasuh Anak
16
ANDY DENI. S
19761220 200604 1 009

Kasi Pelayanan Informasi Kependudukan
17
BAROZI,SE
19780403 200701 1 006

Staf  Pencatat Sipil
18
MUKTI ANTONNY,S.Si
19811028 201101 1 005

Staf Binagram
19
DEWI ROSITA , Amd
19770325 200902 2 004

Staf Pencatat Sipil
20
NOVIARIA,Amd
19820314 201001 2 016

Staf Keuangan
21
DAFITRIOSEPAJAR, A.md
19770915 201101 1 004

Staf Data & Informasi Kepend
22
YULI WULANDARI
19770728 200701 2 017

Staf Keuangan
23
ROHIMUDDIN, SE
19800506 200902 1 003

Staf Kependudukan
24
YUTRI DEWI ,SE
19820418 200902

Staf Kependudukan
25
Januar tina
19790113 200902 2 004

Staf Data & Informasi Kepend.
26
SAPTA MONALIZA
19830918 201001 2 033

Staf Pencatat Sipil
27
HERLIANTI
19750324 201001 2 001

Staf Kependudukan
28
RIZA RUHADI


Operator SIAK
29
HERLIANZA,A.Md


Operator SIAK
30
DERI ANDIKA


Operator SIAK
31
MAHENRA DAPTA


Operator SIAK
32
CIK MAYA SARI


Operator SIAK
33
YOSI YANA FEVI YANTI


Operator SIAK
34
NAZIRWAN


Operator SIAK
35
DEWI SARYIKA


Operator SIAK
36
MARYANA


Operator SIAK
37
KGS. YOCHA TANDOLA


Operator SIAK
38
ZELNA WATI


Operator SIAK
39
DONI CAHYADI


Operator SIAK
40
NEVI HERLIANA


Operator SIAK
41
RELYNIA RIANA SUHARI SE


Operator SIAK
42
TEDY SETIADI,S.Kom


Operator SIAK
43
FITRI DIANI,A.Md


Operator SIAK
44
MELINDA WATI


Operator SIAK
45
RIA FITRIA, S,Kom


Operator SIAK
46
ASWAN AFRITO,S.Kom


Operator SIAK
47
JOHANDI


Operator SIAK
48
APRIYANSAH


Operator SIAK
49
APRILIA SUSANTI


Staf Kependudukan
50
NINDY YURSELI


Staf Pencatat Sipil
51
RODIYAH


Staf Pencatat Sipil
52
SOFIYAH,SE


Staf Kependudukan
53
TRI AGUS SURYANI, SE


Staf Sekertariat
54
YANTI MAJAYANA,A.Md


Staf Data & Informasi Kepend.
55
APRIYANTO


Cleaning Service
                                                                                                                                                                                                                                                                       
2.2     Tahap Program Kerja
Tahap-tahap program kerja selama kami melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus antara lain :
1.      Serah terima Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dari pihak sekolah kepada instansi tempat melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
2.      Menerima Arahan-arahan dari pembimbing instansi tempat melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
3.      Menjalankan tugas yang diberikan oleh pembimbing atau pegawai Disdukcapil Kabupaten Tanggamus


2.3    Situasi dan Kondisi
  Situasi pada kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus adalah sebagai berikut :
a.       Suasana dalam kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus sangatlah nyaman dan tentram
b.      Masyarakat sekitar kantor sangat ramah
c.       Tingkat partisipasi masyarakat terinspirasi dengan tertib



2.4        Proses Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda ( PSG )

Proses Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda meliputi :
1.      Pembimbing sekolah mengadakan survei pada Instansi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus
2.      Pembimbing Sekolah mengadakan wawancara dengan Staf TU pada Instansi tersebut
3.      Peserta mengadakan perkenalan dengan pimpinan dan pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus
4.      Membantu melaksanakan Program kerja pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus
5.      Membuat Laporan Akhir Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dengan cara :
Ø  Membuat Konsep Laporan
Ø  Pengajuan Konsep Laporan
Ø  Pengetikan Laporan
Ø  Pengajuan Laporan
Ø  Penggandaan Laporan ( Photo Copy)
Ø  Pengajuan/Pengesahan Laporan
Ø  Penjilidan Laporan
Ø  Penandatanganan Laporan




2.5  GAMBARAN UMUM KABUPATEN TANGGAMUS

Sejarah  pembangunan wilayah Tanggamus, menurut catatan yang ada di awali pada tahun 1989 pada saat Belanda mulai masuk di wilayah Kota Agung,
 yang pada saat itu Pemerintahannya di pimpin oleh Otoritas yang memerintah di Kota Agung. Pada waktu itu Pemerintah dilaksanakan oleh Pemerintah Adat yang terdiri dari 5 Marga yaitu  :

1.       Marga Gunung Alif (Talang Padang )
2.       Marga Benawang
3.       Marga Gelunguh
4.       Marga Pematang Sawa
5.       Marga Ngarip

 Masing-masing Marga tersebut di pimpin oleh seorang pasirah yang membawahi beberapa kampung.

Selanjutnya pada tahun 1944 terdiri dari pemerintahan Kecamatan dan kewedanan, serta pada tahun 1953 berdiri pula Pemerintahan negeri sekaligus menghapus Pemerintah adat atau Marga.

Pada masa Pemerintahan kewedanan Kota Agung mengkoordinasi 4 Wilayah kecamatan yaitu : Kecamatan Kota Agung,  Wonosobo, Cuku Balak dan Talang Padang dan mencakup Kecamatan Pulau Panggung.

Kemudian Pada tahun 1964, Pemerintah kewedanan dihapuskan yang selanjutnya pada tahun 1971 Pemerintah negeri juga dihapuskan.



Perkembangan selanjutnya berdasarkan keputusan menteri dalam negeri No. 112/1979 tanggal 30 juni 1979 dalam rangka mengatasi rentang kendali sekaligus merupakan persiapan pembentukan pembantu Bupati Lampung Selatan untuk Wilayah Kota Agung yang berkedudukan di Kota Agung  serta terdiri dari 10 Kecamatan dan 7 Perwakilan  Kecamatan dengan 300 Desa dan kelurahan  serta 4 Desa persiapan.

Pada akhirnya Kabupaten Tanggamus terbentuk dan menjadi salah satu dari 10 Kabupaten kota yang ada pada Propinsi Lampung.

Kabupaten Tanggamus dibentuk berdasarkan Undang-undang No. 02 tahun 1997 yang diundangkan pada tanggal 3  Juni 1997 dan diresmikan menjadi Kabupaten pada tanggal 21 maret 1997.

Sejalan dengan dinamika perkembangan masyarakat Adat di Kabupaten Tanggamus, pada tanggal 12 Januari 2004 Kepala Adat Saibatin Marga Benawang merestui tegak berdirinya Marga Negara Batin yang sebelumnya merupakan satu kesatuan dengan Marga Benawang.

Pada tanggal 10 Maret 2004 di Pekon Negara Batin di nobatkan kepada Adat Marga Negara Batin dengan gelar Sutan Batin Kamarullah Pemuka Raja Semaka V.

Dengan berdirinya Marga Negara Batin tersebut Masyarakat Adat yang pada Tahun 1989 terdiri dari 5 Marga saat ini menjadi 6 Marga Yaitu :
1.       Marga Gunung Alif (Talang Padang )
2.       Marga Benawang
3.       Marga Gelunguh
4.       Marga Pematang Sawa
5.       Marga Ngarip
6.       Marga Negara Batin

























BAB III
FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT




3.1 Faktor Pendukung

Faktor yang mendukung pelaksanaannya Pendidikan Sistem Ganda pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus Kabupaten Tanggamus serta faktor pendukung dalam penyusunan laporan Pendidikan Sistem Ganda ini, secara umum adalah sebagai berikut :
  1. Para Pegawai Negeri Sipil maupun tenaga honeror  yang ramah dalam membimbing siswa-siswi peserta pendiikan istem ganda tersebut.
  2. Siswa-siswi Pendidikan Sistem Ganda dapat bekerja sama dengan baik instansi dan medapat bimbingan kerja yang penuh dengan persaudaraan
  3. Tempat pendidika sste ganda yag strategis sehingga dapat dilalui dengan mudah menggunaan roda dua maupun roda empat
  4. Dukungan serta bimbingan yang baik secara pedidikan maupun moral dari guru pembimbing sekolah dan pembimbing instansi .
  5. Adanya dukungan dari orang tua
  6. Fasilitas instansi yan memadai dan semua data dikelola secara komputerisasi
  7. Komunikasi secara linier
  8. Data-data yang dipergunakan penulis mudah didapat secara lisan maupun tertulis.






3.2.        Faktor Penghambat

Adapun faktor-faktor yang tidak mendukung dan menghambat selama pelaksanaan pedidia sistam ganda  pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kabupaten  Tanggamus serta penulis laporan Pendidikan Sistem Ganda ini antara lain sebagai berikut :
1.      Kurangnya pembekalan ilmu komputer dari sekolah sehingga dalam mengerjakan tugas seperti pengetikn dalam komputer perlu bimbingan dari pegawai kantor
2.      Komputer yang jumlahnya terbatas
3.      Minimnya buku panduan untuk melengkapi laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG)
4.      Kurangnya kerjasama yang baik antara peserta Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang satu antara yang lain dalam melakukan proses pencatatan dan penyusunan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
5.      Jauhnya tempat fotocopy dan rental komputer












BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN


4.1 Kesimpulan

Berdasarkan pada uraian Bab I sampai dengan Bab III, laporan Pendidikan Sistem Ganda tersebut dapat disimpulkan sebagai berikut :

1.        Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda dapat memberikan manfaat bagi siswa-siswi untuk mempraktekkan ilmu yang didapat di bangku sekolah
2.        Pendidikan Sistem Ganda yang di adakan oleh Sekolah Menengah Kejuruan ini adalah kegiatan belajar untuk melatih siswa-siswi dalam menerapkan ilmu bekerja dan berwirausaha, dan mampu bergaul di dunia bisnis dan usaha, sehingga ilmu teori dapat dipadukan dengan ilmu Praktek kerja lapangan.
3.        Dengan adanya Pendidikan Sistem Ganda Tersebut, diharapkan siswa-siswi Sekolah Menengah Kejuruan dapat memanfaatkan ilmunya dan dapat percaya diri, bahwa ilmu teori yang diperoleh di tempat Pendidikan Sistem Ganda akan melengkapi bekal untuk berkarya dan bekerja setelah lulus dari bangku sekolah.
4.        Keberhasilan Siswa-siswi dalam pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda tidak lepas dari kerjasama yang baik antar Pihak Instansi Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan pihak Sekolah Menengah Kejuruaan Ma’arif 1 Semaka Kabupaten Tanggamus
5.  Ilmu yang penulis peroleh selama pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini sangat bermanfaat bagi kehidupan penulis di masa depan.





4.2  Saran – saran

Penulis memberikan saran kepada seluruh karyawan dan pegawai Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tanggamus serta Siswa/siswi  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif 1 Semaka untuk lebih disiplin waktu dan lebih mentaati peraturan-peraturan yang berlaku



























































LAMPIRAN


























DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN TANGGAMUS
BUKTI TRANSAKSI
PERIODE 31 JULI 2011

No
Tanggal Transaksi
Keterangan Transaksi
Jumlah ( RP )
1
01 Juli 2011
Pendapatan SPPD 

RP.  100.000.000,-

2
02 Juli 2011
Pembayaran  tagihan listrik dan Telepon

RP.         500.000,-

3
05 Juli 2011
Pembayaran  Transportasi Dinas

RP.      3.000.000,-

4
07 Juli 2011
Pembelian  Perlengkapan Kantor
RP.       5.000.000,-
5
09 Juli 2011
Pembayaran  Biaya Gaji Cleaning Service
RP.       1.000.000,-
6
11 Juli 2011
Pembelian Snack Untuk Rapat Dinas

RP.         500.000,-

7
12 Juli 2011
Pembelian kertas HVS dan Tinta Printer

RP.    1.500.000,-

8
15 Juli 2011
Pembayaran Biaya PDAM

RP.       500.000,-

9
18 Juli 2011
Pembayaran Biaya Service Computer

RP.    3.000.000,-

10
21 Juli 2011
Pembelian Peralatan Kantor

RP.    2.000.000,-

11
24 Juli 2011
Pembelian Cat Tembok dan kuas

RP.       300.000,-

12
25 Juli 2011
Pembayaran Biaya Service Mobil

RP.    4.000.000,-

13
28 Juli 2011
Biaya Angkut Pembelian

RP.    1.000.000,-

14
29 Juli 2011
Pembelian kertas HVS dan Tinta Printer

RP.    1.600.000,-

15
31 Juli 2011
Biaya Fotocopy data Capil

RP        500.000,-



DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN TANGGAMUS
JURNAL UMUM
PER 31 JULI 2011


Tgl
Keterangan
Ref
D

K

01

02

05

07

09

11

12

15

18

21

24

25

28

29

31
Kas
    Pendapatan SPPD
Beban Listrik & Telepon
    Kas
Beban Lain-lain
    Kas
Perlengkapan
    Kas
Beban Gaji
    Kas
Beban administrasi & umum
    Kas
Perlengkapan
    Kas
Beban PDAM
    Kas
Beban Lain-lain
    Kas
Peralatan
    Kas
Perlengkapan
    Kas
Beban Lain-lain
    Kas
Beban lain-lain
    Kas
Perlengkapan
    Kas
Beban administrasi & umum
    Kas





100.000.000,-

       500.000,-

  3.000.000,-

  5.000.000,-

   1.000.000,-

    500.000,-

 1.500.000,-

    500.000,-

 3.000.000,-

 2.000.000,-

    300.000,-

 4.000.000,-

 1.000.000,-

 1.600.000,-

    500.000,-

100.000.000,-

       500.000,-

    3.000.000,-

    5.000.000,-

   1.000.000,-

    500.000,-

 1.500.000,-

    500.000,-

 3.000.000,-

 2.000.000,-

    300.000,-

 4.000.000,-

 1.000.000,-

 1.600.000,-

    500.000,-
JUMLAH


119.400.000,-
119.400.000,-






DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN TANGGAMUS
BUKU BESAR
PER 31 JULI 2011
Nama Akun   : Kas                                                               Nomor Akun : 101
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
01-07-2011
Pend SPPD
100.000.000

100.000.000
02-07-2011
B. Listrik

500.000
99.500.000
05-07-2011
B. Transport

3.000.000
96.500.000
07-07-2011
Perlengkapan

5.000.000
91.500.000
09-07-2011
B. Gaji

1.000.000
90.500.000
11-07-2011
B. Adm & Umum

500.000
90.000.000
12-07-2011
Perlengkapan

1.500.000
88.500.000
15-07-2011
B. PDAM

500.000
88.000.000
18-07-2011
B. service

3.000.000
85.000.000
21-07-2011
Peralatan

2.000.000
83.000.000
24-07-2011
Perlengkapan

300.000
82.700.000
25-07-2011
B. Service

4.000.000
78.700.000
28-07-2011
B.Angkut

1.000.000
77.700.000
29-07-2011
Perlengkapan

1.200.000
76.500.000
31-07-2011
B. Adm & umum


500.000
76.000.000











Nama Akun   : Perlengkapan                                                          Nomor Akun : 102
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
07-07-2011
Perlengkapan
5.000.000

5.000.000
12-07-2011
Perlengkapan
1.500.000

6.500.000
24-07-2011
Perlengkapan
300.000

6.800.000
29-07-2011
Perlengkapan
1.200.000

8.000.000


Nama Akun   : Peralatan                                                     Nomor Akun : 103
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
21-07-2011
Peralatan
2.000.000

2.000.000


Nama Akun   : Pendapatan SPPD                                      Nomor Akun : 401
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
01-07-2011
Pend. SPPD

100.000.000
100.000.000


Nama Akun   : Beban Gaji                                                   Nomor Akun : 601
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
09-07-2011
B. Gaji
1.000.000

1.000.000

Nama Akun   : Beban Listrik, Air & Telephon                 Nomor Akun : 602
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
02-07-2011
B. Listrik
500.000

500.000
15-07-2011
B. PDAM
500.000

1.000.000









Nama Akun   : Beban Lain-lain                                          Nomor Akun : 603
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
05-07-2011
B. lain-lain
3.000.000

3.000.000
18-07-2011
B. Service
3.000.000

6.000.000
25-07-2011
B. Service
4.000.000

10.000.000
28-07-2011
B. lain-lain
1.000.000

11.000.000


Nama Akun   : Beban Adm & Umum                                Nomor Akun : 604
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
11-07-2011
B. Adm & umum
500.000

500.000
31-07-2011
B. Adm & umum
500.000

1.000.000


























DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
KABUPATEN TANGGAMUS
NERACA SALDO
PER 31 JULI 2011


No Akun
Nama Akun
Ref
Debet
Kredit
101
Kas

76.000.000

102
Perlengkapan

8.000.000

103
Peralatan

2.000.000

401
Pendapatan SPPD


100.000.000
601
B. Gaji

1.000.000

602
B. Listrik

1.000.000

603
B. Lain-lain

11.000.000

604
B. Adm. & Umum

1.000.000

Jumlah

100.000.000
100.000.000

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentari ya??????????????????????