SILABUS
NAMA SEKOLAH : SMK MA’ARIF 1 SEMAKA
MATA PELAJARAN : Kewirausahaan
KELAS/SEMESTER : X
1& 2
STANDAR KOMPETENSI : 1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE
KOMPETENSI : A
ALOKASI WAKTU : 54 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
||
TM
|
PS
|
PI
|
||||||
1.1 Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
|
·
Membuat Disiplin,
komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja
dengan berprestasi
·
Mengidentifikasi kebeberhasilan
dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan perilakunya dalam keseharian
|
·
Pengertian
kewirausahaan
·
Karakteristik
wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan
inovatif, mandiri dan realitis
·
Cara mengidentifikasi
10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan
karakteristik wirausahawan
|
·
Mendiskusikan
pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·
Menggali informasii
dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin,
komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam
kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·
Menggali informasi dan
cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 ke-gagalan dan keber-hasilan
seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di
sekolah dan lingkungan
·
Menyimpulkan
karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·
Menghargai karya dan
pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
|
Tertulis
Sikap
Tertulis
Sikap
|
4
|
4
(8)
|
-
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
1.2 Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)
|
·
Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif dengan
benar
·
Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu
ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah &
masyarakat :
-
Kerja
ikhlas
-
Kerja
mawas >< emosiosonal
-
Kerja
cerdas
-
Kerja
keras
-
Kerja
tuntas
|
·
Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-
Kerja
ikhlas
-
Kerja
mawas >< emosional
-
Kerja
cerdas
-
Kerja
keras
-
Kerja
tuntas
|
·
Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·
Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-
kerja
ikhlas
-
kerja
mawas >< emosional
-
kerja
cerdas
-
kerja
keras
-
kerja
tuntas
·
Prinsip cara kerja prestatif
|
Tes tertulis
Unjuk kerja
|
4
|
4
(8)
|
-
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
1.3 Merumuskan
solusi masalah
|
·
Merumuskan masalah dengan tepat
·
Mampu
memecahkan masalah dan bekerja sama dengan teman sekerja
·
Merumusan
solusi masalah berdasarkan hasil analisis dengan tepat
|
·
Pengertian
masalah
·
Teknik pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·
Membedakan
masalah dan bukan masalah
·
Identifikasi
masalah dan mencari penyebabnya
·
Mencari
dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·
Pertimbangan
dalam merumuskan solusi masalah
·
Dampak
dari pengambilan keputusan
|
·
Mendiskusikani
pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·
Menggali
informasii teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta
menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian di lingkungan keluarga, sekolah dan
masyarakat.
·
Mengidentifikasi
masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·
Menentukan
alternatif pemecahan permasalahan
|
Tes tertulis
Unjuk kerja
Sikap
Tertulis
Unjuk kerja
|
4
|
4
(8)
|
-
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen
penilaian pelajaran kewirausahaan
·
Buku
referensi yang relevan
|
1.4 Mengembangkan
semangat wirausaha
|
·
Mewujudkan daya saing
sesuai dengan instrumen penilaian
·
Menciptakan
sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
·
Meningkatkan sikap
disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
·
Menumbuhkan
kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian
|
·
Inovatif
·
Kreatifitas
·
Motivasi
·
Sikap
bekerja efektif dan efisien
|
·
Mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi semangat
kerja wirausaha
·
Menggali
informasi pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·
Menggali informasi prinsip-prinsip
kerja yang efektif dan efisien
·
Menerapkan faktor pengaruh
semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
|
Tes tertulis
Sikap
Hasil
Sikap
Sikap
Unjuk kerja
|
4
|
4
(8)
|
-
|
·
Modul
bahan ajar
·
Instrumen
penilaian pelajaran kewirausa-haan
·
Buku
referensi yang relevan
|
1.5 Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi
orang lain
|
·
membuatkeadaan atau
situasi apapun juga
·
Memiliki semangat dan
tahan uji dari setiap tantangan
·
Memiliki kesabaran dan
ketabahan di dalam berusaha
·
Memiliki komitmen
untuk selalu bekerja, berjuang dan berkorban
|
·
Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·
Menerapkan perilaku
tepat waktu
·
Menerapkan perilaku
tepat janji
·
Menerapkan kepedulian
terhadap mutu hasil kerja
·
Menerapkan komitmen
tinggi terhadap pengendalian diri
|
·
Mendiskusikani faktor-faktor yang menunjukkan
seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·
Menerapkan perilaku
tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di
lingkungan sekolah maupun lingkungan
·
Menerapkan komitmen
tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan
· Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
|
Tertulis
Sikap
Sikap
Unjuk kerja
Sikap
Unjuk kerja
Sikap
Unjuk kerja
|
4
|
4
(8)
|
-
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
1.6
Mengambil
resiko usaha
|
·
Mengidentifikasi jenis-jenis resiko dengan teliti
· Mampu memperkecil resiko yang merugikan dengan langkah tepat
|
·
Prinsip dasar resiko
meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
· Manajemen resiko
|
·
Memahami pengambilan resiko usaha
·
Macam-macam resiko
·
Unsur resiko
· Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko
negatif dan pengalihan resiko kepada
pihak lain
|
Tertulis
Sikap
Unjuk kerja
|
4
|
2
(4)
|
-
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang relevan
|
1.7
Membuat
keputusan
|
·
Memilih alternatif
pemecahan masalah dengan tepat
·
Optimis akan
keberhasilan dan tanggap terhadap resiko
kegagalan dalam pengambilan keputusan
|
·
Solusi pemecahan masalah
·
Komunikasi
· Analisis SWOT
|
·
Mendiskusikan pengertian pengambilan keputusan
·
Merumuskan atau
mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat
alternatif- alternatif pemecahan masalah
·
Memecahkan masalah
keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force
field analysis).
·
Mengambil keputusan
berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi dengan analisis SWOT).
·
Memperhitungkan resiko dalam membuat
keputusan
|
Tertulis
Sikap
Sikap
Unjuk kerja
|
4
|
4
(8)
|
|
·
Modul bahan ajar
·
Instrumen penilaian
pelajaran kewirausa-haan
·
Laporan kinerja siswa
yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·
Buku referensi yang
relevan
|
Mengetahui
Kepala SMK Ma’arif
1 Semaka
MURJONO, S.E
|
Semaka, Juli 2011
Guru Mata Pelajaran
MUHLIHUN, A. Md
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Komentari ya??????????????????????