Kamis, 08 Maret 2012

SILABUS KWU KELAS X


SILABUS

NAMA SEKOLAH                  :     SMK MA’ARIF 1 SEMAKA
MATA PELAJARAN               :     Kewirausahaan                                                              

KELAS/SEMESTER              :     X 1& 2

STANDAR KOMPETENSI    :     1. Mengaktualisasikan sikap dan perilaku wirausaha
KODE KOMPETENSI            :     A
ALOKASI WAKTU                  :     54 x 35 menit
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
TM
PS
PI
1.1   Mengidentifikasi sikap dan perilaku wirausaha
       
·     Membuat Disiplin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovasi, mandiri dan selalu bekerja dengan berprestasi
·     Mengidentifikasi kebeberhasilan dan kegagalan wirausahawan berdasarkan sikap dan   perilakunya dalam keseharian
·     Pengertian kewirausahaan
·     Karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis
·     Cara mengidentifikasi 10 kegagalan dan keberhasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan
·     Mendiskusikan pengertian kewirausahaan, wirausaha dan wirausahawan
·     Menggali informasii dan mengimplementasikan karakteristik wirausahawan yang meliputi : displin, komitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, mandiri dan realitis dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan siswa
·     Menggali informasi dan cara mengidentifiikasi dan menerapkan 10 ke-gagalan dan keber-hasilan seseorang berdasarkan karakteristik wirausahawan dalam keseharian siswa di sekolah dan lingkungan
·     Menyimpulkan karakteristik wirausahawan yang berhasil dan yang gagal
·     Menghargai karya dan pengalaman orang lain sebagai masukan bagi pengembangan diri
Tertulis
Sikap




Tertulis
Sikap
4
4
 (8)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
1.2   Menerapkan sikap dan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju)



·     Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat perilaku kerja prestatif dengan benar
·     Menerapkan perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) dalam kehidupan keseharian di lingkungan keluarga, sekolah & masyarakat :
-     Kerja ikhlas
-     Kerja mawas >< emosiosonal
-     Kerja cerdas
-     Kerja keras
-     Kerja tuntas
·     Kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi :
-     Kerja ikhlas
-     Kerja mawas >< emosional
-     Kerja cerdas
-     Kerja keras
-     Kerja tuntas
·     Pengertian, tujuan, manfaat perilaku kerja prestatif
·     Perilaku kerja prestatif (selalu ingin maju) meliputi:
-     kerja ikhlas
-     kerja mawas >< emosional
-     kerja cerdas
-     kerja keras
-     kerja tuntas
·     Prinsip cara kerja prestatif



Tes tertulis




Unjuk kerja
4
4
(8)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
1.3   Merumuskan solusi masalah




·     Merumuskan masalah dengan tepat
·     Mampu memecahkan masalah dan bekerja sama dengan teman sekerja
·     Merumusan solusi masalah berdasarkan hasil analisis dengan tepat
·     Pengertian masalah
·     Teknik  pemecahan masalah dan pembuatan keputusan
·     Membedakan masalah dan bukan masalah
·     Identifikasi masalah dan mencari penyebabnya
·     Mencari dan menentukan alternatif pemecahan masalah
·     Pertimbangan dalam merumuskan solusi masalah
·     Dampak dari pengambilan keputusan

·     Mendiskusikani pengertian dan perbedaan masalah dan bukan masalah
·     Menggali informasii teknik pemecahan masalah dan pengambilan keputusan serta menerapkan dalam kehidupan aktivitas keseharian  di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
·     Mengidentifikasi masalah dan mencari penyebab terjadinya masalah
·     Menentukan alternatif pemecahan permasalahan
Tes tertulis


Unjuk kerja
Sikap




Tertulis
Unjuk kerja

4
4
(8)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausahaan
·     Buku referensi yang relevan
1.4   Mengembangkan semangat wirausaha
·     Mewujudkan daya saing sesuai dengan instrumen penilaian
·     Menciptakan sikap selalu ingin maju sesuai dengan instrumen penilaian
·     Meningkatkan sikap disiplin dan etos kerja dengan instrumen penilaian
·     Menumbuhkan kreativitas dan inovatif siswa sesuai dengan instrumen penilaian 

·     Inovatif
·     Kreatifitas
·     Motivasi
·     Sikap bekerja efektif dan efisien
·     Mendiskusikan  faktor-faktor yang mempengaruhi semangat kerja wirausaha
·     Menggali informasi pengertian-pengertian inovasi, kreatifitas dan motivasi
·     Menggali informasi prinsip-prinsip kerja yang efektif dan efisien
·     Menerapkan faktor pengaruh semangat kerja dalam kehidupan keseharian di sekolah dan lingkungan
Tes tertulis



Sikap
Hasil


Sikap



Sikap
Unjuk kerja
4
4
(8)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Buku referensi yang relevan
1.5   Membangun komitmen bagi dirinya dan bagi orang lain
·     membuatkeadaan atau situasi apapun juga
·     Memiliki semangat dan tahan uji dari setiap tantangan
·     Memiliki kesabaran dan ketabahan di dalam berusaha
·     Memiliki komitmen untuk selalu bekerja, berjuang dan berkorban
·     Faktor-faktor yang menunjukkan komitmen tinggi
·     Menerapkan perilaku tepat waktu
·     Menerapkan perilaku tepat janji
·     Menerapkan kepedulian terhadap mutu hasil kerja
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri

·     Mendiskusikani faktor-faktor yang menunjukkan seseorang mempunyai komitmen tinggi dalam keseharian aktivitas
·     Menerapkan perilaku tepat waktu, tepat janji dalam kegiatan aktivitas keseharian baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap kepedulian mutu hasil pekerjaan 
·     Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri seperti disiplin, ulet dan ketabahan
Tertulis
Sikap

Sikap
Unjuk kerja

Sikap
Unjuk kerja

Sikap
Unjuk kerja
4
4
(8)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
1.6   Mengambil resiko usaha
·     Mengidentifikasi jenis-jenis resiko dengan teliti
·     Mampu memperkecil resiko yang merugikan dengan langkah tepat

·     Prinsip dasar resiko meliputi pengertian, macam, unsur, manfaat, tujuan dsb
·     Manajemen resiko
·     Memahami pengambilan resiko usaha
·     Macam-macam resiko
·     Unsur resiko
·     Mengelola resiko meliputi penanganan sendiri, cara menghindari, memperkecil resiko negatif  dan pengalihan resiko kepada pihak lain

Tertulis


Sikap
Unjuk kerja
4
2
(4)
-
·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan
1.7   Membuat keputusan
·     Memilih alternatif pemecahan masalah dengan tepat
·     Optimis akan keberhasilan dan tanggap  terhadap resiko kegagalan dalam pengambilan keputusan

·     Solusi pemecahan masalah
·     Komunikasi
·     Analisis SWOT
·     Mendiskusikan pengertian pengambilan keputusan
·     Merumuskan atau mendefinisikan masalah/persoalan dari suatu kejadian (event) dengan membuat alternatif- alternatif pemecahan masalah
·     Memecahkan masalah keseharian berdasarkan penugasan guru melalui diskusi (brainstorming, force field analysis).
·     Mengambil keputusan berdasarkan kondisi yang ditetapkan guru, melalui diskusi  dengan analisis SWOT).
·     Memperhitungkan resiko dalam membuat keputusan
Tertulis
Sikap


Sikap
Unjuk kerja
4
4
(8)

·     Modul bahan ajar
·     Instrumen penilaian pelajaran kewirausa-haan
·     Laporan kinerja siswa yang dihasilkan dalam SIM kinerja siswa
·     Buku referensi yang relevan

 


Mengetahui
Kepala SMK Ma’arif 1 Semaka






MURJONO, S.E
Semaka,      Juli 2011
Guru Mata Pelajaran






MUHLIHUN, A. Md

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Komentari ya??????????????????????